Sabtu, 14 Januari 2012

• HAK & KEWAJIBAN


       HAK & KEWAJIBAN
-          Pelaksanaan tind kep hrs mperhatikan unsur2: hak&kewajiban klien, hak&kewajiban perawat , kode etik keperawatan, dan hukum keperawatan.
  1. Hak Klien
  1. Klien berhak utk:
a)      Mdp informasi mengenai tata tertib dan peraturan yg berlaku
b)      Mendapatkan pelayanan yg manusiawi, adil dan jujur
c)       Memperoleh askep yg bermutu berdasarkan standar profesi keperawatan
d)      Memilih perawat atau dokter yg dikehendaki sesuai peraturan operasional di RS
e)      Meminta konsultasi kpd dokter atau perawat lain yg terdaftar di RS
f)       Mdp privacy dan keselamatan dari tindakan keperawatan yg diberikan
g)      Memperoleh informasi ttg penyakit yg diderita, tind yg akn dilakukan, kemungkinan penyakit, dan tind utk mengatasinya, alternatif terapi lainnya, prognosa, dan biaya perawatan
h)      Menyetujui dan atau menolak tindkan yg akn dilakukan thd dirinya
i)        Mdp kebebasan utk menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya selama tdk menganggu klien lainnya
j)        Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan RS thd dirinya
Kewajiban Klien
a)      Mentaati segala peraturan dan tata tertib
b)      Mematuhi segala instruksi dokter atau perawat dlm pengobatannya
c)       Memberikan informasi dgn jujur dan lengkap ttg penyakit yg dideritanya kpd dokter atau perawat yg merawat
d)      Melunasi semua imbalan jasa pelayanan
e)      Memenuhi hal2 yg tlh disepakati atau perjanjian yg dibuat
       Hak dan Kewajiban Perawat
Hak Perawat
a)      Mdp perlindungan hukum dlm melaksanakan tugas sesuai dgn profesinya
b)      Mengembangkan diri mll kemampuan spesialisasi sesuai latar belakang pendidikannya
c)       Menolak keinginan pasien yg bertentangan dgn peraturan perundang2an serta standar profesi dan kode etik profesi
d)      Mendapat informasi lengkap dari klien yg tdk puas thd pelayanannya
e)      Meningkatkan pengetahuan berdasarkan pengembangan IPTEK dlm bidang keperawatan scr terus menerus
f)       Diperlukan adil dan jujur oleh RS maupun klien atau keluarganya
g)      Mdptkn jaminan perlindungan thd resiko kerja yg berkaitan dgn tugasnya
h)      Diikutsertakan dlm penyusunan atau penetapan kebijaksanaan pelayanan kesehatan di RS
i)        Diperhatikan privasinya dan berhak menuntut apabila nama baiknya tlh dicemarkan oleh klien atau keluarganya
j)        Menolak pihak lain utk melakukan tind yg bertentangan dgn perundang2an, standar profesi, dan etik profesi
k)      Mdpt penghargaan imbalan yg layak dr jasa profesinya sesuai peraturan/ketentuan yg berlaku
l)        Memperoleh kesempatan mengembangkan karier sesuai bidang profesinya
       Kewajiban Perawat
a)      Mematuhi semua peraturan RS dgn hub hukum antara perawat dgn pihak RS
b)      Mengadakan perjanjian tertulis dgn pihak RS
c)       Memenuhi hal2 yg tlh disepakati dan dibuatnya
d)      Memberikan ASKEP sesuai standar profesi&otonominya
e)      Menghormati hak2 klien
f)       Merujuk klien kpd perawat lain/tenaga kesh lain yg memp keahlian yg sesuai dgn mslh k
g)      Memberi kesempatan kpd klien agar senantiasa dpt b/d kelgnya dan dpt menjalankan ibadah sesuai dgn agama/kepercayaannya sepanjang tdk bertentangan dgn RS
h)      Memb informasi yg adekuat ttg tind kep kpd klien/kelg sesuai batas kewenangannya
i)        Memb dokumentasi askep scr akurat & berkesinambungan
j)        Meningkatkan mutu pelayanan kep sesuai standar profesi kep dan kepuasan klien
k)      Mengukuti perkembangan IPTEK keperawatan scr terus menerus
l)        Mlkk pertolongan darurat sbg tgs perikemanusiaan sesuai batas kewenangannya
m)    Merahasiakan segala sesuatu yg diketahuinya ttg klien, kec diminta keterangan oleh yg berwenang
       3. Kode Etik Keperawatan
       Pertanggungjawaban moral perawat dalam mengambil suatu keputusan berdasarkan client’s welfare,yg meliputi: hak klien memberikan persetujuan, menolak pengobatan dan perawatan, mempertimbangkan pengobatan dan perawatan, dan privacy.
       Hukum Keperawatan
       Perawat hrs memberikan tind kep kpd klien sesuai dgn standar kep.
       Kesalahan dalam pelaksanaan standar praktik bisa sbg suatu “negligence (kealpaan)” tugas perawat.
Ada 4 hal yang b/d negligence:
1)      Klien menjadi tanggung jawab perawat yang bersangkutan
2)      Perawat tidak melaksanakan tugas yang diemban
3)      Tindakan keperawatan menyebabkan menyebabkan perlukaan atau kecacatan kepada klien
4)      Perlukaan atau kecacatan disebabkan tindakan negligence (lupa atau kesalahan yg tidak disengaja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar