Senin, 26 Desember 2011

askep osteoporosis

Osteoporosis sering disebut tulang keropos. Tulang keropos sering terjadi tanpa keluhan yang berarti. Osteoporosis adalah penyakit dengan pengurangan massa tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan risiko fraktur (patah tulang) meningkat.

Pada osteoporosis, tulang keropos terjadi berlebihan dan tidak mengikuti proses yang cukup sehingga pembentukan tulang menjadi tipis dan fragile. Osteoporosis sering disebut 'silent disease' atau si pencuri tulang. Karena, pada waktu keropos tulang sering terjadi tanpa keluhan yang nyata. Seseorang akan sadar menderita osteoporosis setelah kondisinya cukup parah dengan kondisi tubuh, tulang orang bungkuk atau patah. Hal ini sangat penting bagi kita untuk mengetahui faktor risiko osteporosis, sehingga kita bisa waspada dan melakukan upaya untuk pencegahan.

Osteoporosis primer dapat diklasifikasikan sebagai idiopatik, tipe I, atau tipe II. Osteoporosis idiopatik mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa.

Tipe I (postmenopause). Osteoporosis biasanya mempengaruhi wanita usia 51-75. Terkait dengan hilangnya efek perlindungan estrogen pada tulang. Patah tulang belakang dan pergelangan tangan yang umum.

Tipe II, Osteoporosis terjadi paling sering antara usia 70 dan 85. Trabekuler dan kortikal tulang dan patah tulang akibat hilangnya humerus proksimal, tibia proksimal, leher femoralis, dan panggul.

Faktor Resiko Osteoporosis:
  1. Risiko osteoporosis pada wanita lebih besar dari pria. Karena, umumnya massa tulang yang lebih kecil dan wanita mengalami menopause.
  2. Umur. Resiko osteoporosis meningkat setiap kali penambahan usia.
  3. Asia dan Kaukasus risiko osteoporosis lebih tinggi dari ras Afrika.
  4. Beberapa penyakit kronis seperti kencing manis (diabetes melitus), penyakit hati, ginjal, diare kronis dapat meningkatkan risiko osteoporosis. 
  5. Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol meningkatkan risiko osteoporosis.
  6. Kalsium dan vitamin D yang kurang dalam memenuhi kebutuhan tubuh juga faktor risiko terjadinya osteoporosis.
  7. Kurang berolahraga berisiko osteoporosis.
  8. Penggunaan obat-obatan seperti steroid, obat anti kejang (Phenobarbital dan; Fenitoin), antasida yang mengandung aluminium, metotreksat, siklosporin A adalah faktor risiko penyebab osteoporosis karena ekstraksi kalsium dari tulang dalam jumlah banyak.
Tes Diagnostik/ Pemeriksaan Penunjang Osteoporosis

Untuk melihat tingkat kepadatan tulang dan mendeteksi Osteoporosis, dapat dilakukan dengan cara untuk mengukur kepadatan tulang menggunakan alat yang disebut Densitometer X-ray absorptiometry.

Kedua jenis, yaitu SXA (Single X-ray Absorptiomety) dan DEXA (Energi X-ray absorptiometry dual). Selain pemeriksaan kepadatan tulang, saat ini tersedia pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui aktivitas Remodelling tulang yaitu pemeriksaan CTx atau C-Telopeptide dan N-Mid Osteocalcin. CTx atau C-Telopeptide adalah hasil dari disintegrasi tulang yang dilepaskan ke dalam darah sehingga dapat digunakan untuk menilai proses menghancurkan tulang. Sedangkan N-Mid Osteocalcin adalah fraksi protein yang dibentuk oleh Osteoblas dan berperan dalam proses pembentukan tulang.

Dengan melakukan inspeksi CTx atau C-Telopeptide dan N-Mid Osteocalcin aktivitas Remodelling tulang bisa, dan ketika hasil pemeriksaan menunjukkan hasil abnormal atau ketidakseimbangan terjadi Remodelling tulang perlu hati-hati risiko terjadinya Osteoporosis atau kemungkinan penyakit tulang lainnya. Selain itu, pemeriksaan juga dapat digunakan untuk memantau pengobatan osteoporosis, terutama pengobatan CTx digunakan untuk memantau pengobatan oral anti resorpsi.

Diagnosa Keperawatan Osteoporosis
  1. Nyeri kronis
  2. Citra tubuh terganggu
  3. Defisit perawatan diri
  4. Tidak seimbang nutrisi: Kurang dari kebutuhan tubuh
  5. Gangguan mobilitas fisik
  6. Risiko gangguan integritas kulit
  7. Risiko cedera
Kriteria Hasil  Keperawatan Untuk Osteoporosis
  1. Klien akan mengalami peningkatan kenyamanan dan rasa sakit menurun.
  2. Klien akan mengekspresikan perasaan positif tentang dirinya sendiri.
  3. Klien akan melakukan aktivitas hidup sehari-hari (Activity Daily Living) dalam batas normal.
  4. Klien akan mempertahankan asupan makanan yang memadai.
  5. Klien akan mempertahankan mobilitas sendi dan rentang gerak (Range Of  Motion).
  6. Klien akan menunjukkan integritas kulit utuh.
  7. Klien akan menunjukkan langkah-langkah untuk mencegah cedera.
 Intervensi  Keperawatan Untuk Osteoporosis
  1. Jelaskan semua perawatan, tes, dan prosedur. Sebagai contoh, jika pasien menjalani operasi, jelaskan semua prosedur pra operasi dan pasca operasi dan perawatan untuk pasien dan keluarganya.
  2. Pastikan klien dan keluarganya jelas memahami regimen obat yang diresepkan. Katakan kepada mereka bagaimana mengenali reaksi merugikan yang signifikan. Instruksikan mereka untuk segera melaporkannya.
  3. Menekankan perlunya pemeriksaan ginekologi secara teratur. Juga menginstruksikan dia untuk melaporkan pendarahan vagina abnormal segera, untuk mendeteksi hormon estrogen.
  4. Jika klien mengambil suplemen kalsium, mendorong asupan cairan liberal untuk membantu mempertahankan output urine yang cukup dan dengan demikian menghindari batu ginjal, hiperkalsemia, dan hiperkalsiuria.
  5. Beritahu klien untuk melaporkan rasa nyeri  segera, terutama setelah trauma.
  6. Jelaskan osteoporosis pada kliien dan keluarganya agar mereka bisa bertindak untuk mencegah patah tulang.
  7. Anjurkan pasien untuk makan makanan yang kaya kalsium.  Jelaskan bahwa osteoporosis tipe II dapat dicegah dengan asupan kalsium yang cukup  dan olahraga teratur. Perawatan hormonal dan fluoride juga dapat membantu mencegah osteoporosis
  8. Memperkuat upaya pasien untuk beradaptasi, dan menunjukkan  bagaimana kondisinya membaik atau stabil.  Diperlukan, merujuk ke seorang ahli terapi okupasional atau perawat kesehatan  untuk membantu aktifitas sehari-hari dirumah .
<p>Your browser does not support iframes.</p>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar